Rabu, 12 Juni 2013

cara meningkatkan kemampuan pronunciation



Salah satu masalah utama dalam mempelajari bahasa Inggris adalah ketika kita mengasah kemampuan berbicara. Ya, sebagaimana diketahui dalam pelafalan kata dan kalimat bahasa Inggris seringkali berbeda dari kata-kata tertulis. Namun tak perlu khawatir, sebab selalu ada cara untuk meng-improve kemampuan belajar Inggris Anda, khususnya pronunciation skill.

Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan bicara dalam bahasa Inggris adalah dengan sesering mungkin mendengarkan percakapan berbahasa Inggris. Keterampilan mendengarkan bahasa Inggris harus terlebih dulu Anda kuasai agar dapat lancar berbicara bahasa Inggris. Cobalah untuk mendengarkan para penutur asli ( native speaker), kemudian pahami bagaimana cara mereka mengeja setiap kata, serta bagaimana tata cara berbicara mereka. Agar semakin mahir dalam percakapan, jangan lupa untuk mencatat kata-kata apa saja yang umum dan lazim mereka gunakan untuk berinteraksi.

Sebagai permulaan, cobalah awali dari mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris sesering mungkin. Dengan mendengarkan bagaimana para native speaker berbicara, adalah cara termudah untuk mengetahui bagaimana mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dengan benar. Cara lain untuk meningkatkan pronunciation skill bahasa Inggris adalah melihat film-film yang berbahasa Inggris.

Biasakan pula diri Anda dengan hal-hal berbahasa Inggris. Luangkan waktu sekurangnya 20 sampai 30 menit untuk membaca materi mengenai bahasa Inggris, khususnya dari sumber formal seperti majalah atau surat kabar. Sebab sumber-sumber formal biasanya berisi bahasa Inggris formal yang lebih mudah untuk dipahami dibandingkan dengan sumber informal. Dengan semakin banyaknya  membaca maka scara tidak langsung kita telah membangun banyak kosa kata. Perlu di ingat, tanpa kosakata yang cukup, Anda tidak akan dapat berkomunikasi dengan lancar.

Jika memungkinkan, cari dan bergabunglah dengan komunitas bahasa Inggris. Agar semakin asik ajaklah teman, pacar dan gebetan Anda untuk turut serta, kemudian buatlah komitmen bersama untuk membiasakan diri berbicara dalam bahasa Inggris satu sama lain. Dengan semakin seringnya berinteraksi dalam bahasa Inggris tanpa rasa malu atau canggung, maka sedikit demi sedikit kemampuan bahasa Inggris Anda akan semakin terasah. Last but not least jangan lupa untuk terus berimprovisasi dengan belajar grammar bahasa Inggris agar kemampuan tata bahasa Anda semakin baik.

Tidak ada komentar: