Jumat, 18 Oktober 2013

LAPORAN PPL 2


BAB I
GAMBARAN UMUM SEKOLAH NEGERI 4 PALOPO
A.    SEJARAH SINGKAT  SMP NEGERI 4 PALOPO
            SMP Negeri 4 Palopo adalah sekolah Negeri di bawah naungan Menteri Pendidikan Nasional berdiri pada tahun 1981 dan mulai beroperasi pada tahun 1982 sampai sekarang , SMP Negeri  4 Palopo terletak di jalan Andi Kambo Kelurahan Malatunrung Kecamatan Wara Timur Kota Palopo. Sekolah ini memiliki luas tanah sebesar 17.546 m2 dan luas bangunannya sebesar 5.233 m2.
                 Hingga Tahun 2013 SMP Negeri 4 Palopo telah mengalami 6 (enam) kali pergantian Kepala Sekolah, Yakni :
Ø  YUNUS BATOTENG
Ø  Drs.TITUS LOLO
Ø  BAKRY, S.Pd.
Ø  SAMSURI, S.Pd.,M.Pd.
Ø  BURHANUDDIN SEMMAIDE, S.Pd., M.M
Ø  Drs. ABD. RAHMAN P

B.     VISI  MISI SMP NEGERI 4 PALOPO
Ø  VISI SMP NEGERI 4 PALOPO
“Unggul Dalam Prestasi Yang Dijiwai Oleh Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa”
Ø  MISI SMP NEGERI 4 PALOPO
1.      Mengembangkan sikap dan perilaku religiusitas dan kekeluargaan di dalam lingkungan sekolah
2.      Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerja sama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri.
3.      Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih dan nyaman.
4.      Menciptakan suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah, dan demokratis.
5.      Mewujudkan sekolah inovatif
6.      Mewujudkan manajemen berbasis sekolah yang tangguh.
7.      Mewujudkan sekolah Adiwiata yang menyenangkan belajar siswanya.
8.      Mewujudkan kemampuan akademik, olahraga dan seni yang tangguh dan kompetitif.
9.      Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan.

C.    KEADAAN SISWA SMPN 4 PALOPO
Keadaan siswa SMP Negeri  4  Palopo dalam 4 (empat ) tahun terakhir sebagai berikut :

Tabel 1: Keadaan Siswa  4 Tahun  terakhir

Th. Pelajaran
Jml Pendaftar (Cln Siswa baru)
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah (Kls. (VII + VIII +
IX )
Jumlah Siswa
Jumlah Rombel
Juml Siswa
Jumlah Rombel
Juml Siswa
Jumlah Rombel
Juml Siswa
Jumlah Rombel
2007/2008
225
196
6
188
6
187
6
571
18
2008/2009
275
256
8
190
6
186
6
632
20
2009/2010
289
256
8
256
8
189
6
701
22
2010/2011
326
270
8
249
8
256
8
775
24
2011/2012
521
244
9
254
8
227
8
725
25

D.    SARANA DAN  PRASARANA SMP NEGERI  4  PALOPO
Sarana dan Prasarana SMP Negeri 4 Palopo sebagai berikut :

Tabel 2 : Sarana dan Prasarana
Ruangan
Jumlah Ruang


Jumlah Ruang
Ruang Kelas (asli) (a)
23
Ruang Kelas
23
Ruang lainnya yang digunakan untuk/sbg ruang kelas (b) yaitu ruang
Darurat ( bekas kantin SMPN 4 Palopo)
1


Perpustakaan
1
Lab. TIK
1
Ruang Guru
1
Raung Laboratorium  IPA
1
Ruang Kantor
1
Jml. Ruang Kelas seluruhnya ( a + b )
25
Lab. Bahasa
1

E.     TENAGA PENDIDIK  DAN  KEPENDIDIKAN SMP NEGERI 4 PALOPO
Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMP Negeri 4 Palopo sebagai berikut:

Tabel 3: Tenaga Pendidik dan Kependidikan
NO
Jumlah Guru / Staf
SMP Negeri 4 Palopo
Keterangan
1
Guru Tetap ( PNS )
42

2
Guru Tdk. Tetap
9

3
Pegawai Tetap (staf Tata Usaha)
4

4
Pegawai Tidak Ttetap
2

5
Pengawai Perpustakaan (PNS)
2

6
Pengawai Perpustakaan (Honorer)
1

7
Satpam
2

8
Cleaning Service
1


Jumlah
63


BAB II

KEGIATAN PRAKTEK PEMBELAJARAN

A.    PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN
Pada waktu yang telah di tentukan penulis telah tiba di praktek. Penulis mendapatkan :
Standar Kompetensi (SK):
 2. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat .
4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
5. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana
 untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar (KD):
2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancer, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
4.1 mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sederhana secara akurat, lancer, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
SKILL
Dalam proses belajar mengajar ada 4 skill yang diajarkan yakni:
-          Mendengarkan (Listening),
-          Berbicara (Speaking),
-          Membaca (Reading) dan
-          Menulis (Writing)
B.     Pelaksanaan Pembelajaran  ( 8 kali Pertemuan )
}  Pelaksanaan Observasi  ( dalam pelaksanaan observasi saya mencari tahu sejarah singkat berdirinya SMP Negeri 4 Palopo, nama kepala sekolah, kondisi objektif sekolah, jumlah ruangan (Kelas, Ruang Guru, Kantor, Lab.Perpustakaan) Musollah, ruang BK dan Kantin Kejujuran.
}  Pelaksanaan Pembelajaran di kelas /di luar kelas
Ø  Pertemuan pertama ( materi yang di ajarkan yakni Announcement atau pengumuman focus ke skill mendengarkan :  Kamis, 12 September 2013.pukul 10.40-12.00, di kelas VII.1, jam ke dua,  S.K 2,K.D 2.1. materi  announcement adalah pemberitahuan resmi tentang sesuatu supaya diketahui orang banyak. Pengumuman bisa di tulis kemudian ditempelkan pada papan yang mudah dilihat orang banyak. Pengumuman bisa ditulis kemudian di tempelkan pada papan yang mudah dilihat orang ataupun di umumkan secara lisan.
A.  Kegiatan pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi yang diajarkan.
B. Kegiatan Inti
*        Memperdengarkan beberapa dialog yang berisi tentang announcement
*        Mengidentifkasi ungkapan ungkapan announcement
*        Guru Membagi  kelompok yang terdiri dari 5 siswa . 
*        Setiap kelompok mendapatkan nomor  1,2,3,4,5
*        Guru membagikan Lembar Kerja.
*        Memberikan petunjuk pada siswa tentang pengisian Lembar Kerja.
*        Guru Memperdengarkan rekaman percakapan yang isinya tentang ungkapan sapaan .
*        Siswa mendengarkan percakapan dari recorder, Lalu masing masing siswa mengisi lembar kerja/ Menjawab pertanyaan yang ada pada lembar kerja berdasarkan rekaman.
*        Mendiskusikan isian LK dengan teman kelompoknya. Kelompok memastikan bahwa setiap anggota menguasai jawaban masing masing nomor.
*        Setelah diskusi cukup, guru memanggil/menyebut nomor nomor  tertentu untuk menjawab atau melaporkan.
*        Guru meneruskan proses sampai semua pertanyaan terjawab.
*        Siswa memajang karyanya dari hasil diskusi kelompok.   

model/metode yang digunakan yaitu CTL (Contextual Teaching and Learning),
C.     Kegiatan penutup
s   Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s   Guru menyimpulkan materi. 
s   Siswa berpartisipasi  dalam menyimpulkan materi.
s   Guru memberi tugas ( P R )).
s   Siswa mengerjakannya di rumah.
s   Guru menyampaikan materi yang akan datang.

Adapun kesulitan yang di alami dalam proses pembelajaran yakni kurangnya alat praga yang di butuhkan dalam PBM walaupun sudah ada worksheet yang dibagikan mewakili dari materi yang telah di ajarkan., siswa yang hadir,pada pertemuan pertama yaitu sebanyak 31 orang, yang tidak hadir hanya 1 orang).

Ø  Pertemuan kedua  ( materi yang di ajarkan yakni Announcement atau pengumuman focus ke skill( listening) :  Selasa,24 September 2013.pukul 11.20-12.30, di kelas VII.1, jam ke tiga,  S.K 2,K.D 2.1. materi  announcement adalah pemberitahuan resmi tentang sesuatu supaya diketahui orang banyak. Pengumuman bisa di tulis kemudian ditempelkan pada papan yang mudah dilihat orang banyak. Pengumuman bisa ditulis kemudian di tempelkan pada papan yang mudah dilihat orang ataupun di umumkan secara lisan.
A.  Kegiatan pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi yang diajarkan.
B. Kegiatan Inti
*        Memperdengarkan beberapa dialog yang berisi tentang announcement
*        Mengidentifkasi ungkapan ungkapan announcement
*        Guru Membagi  kelompok yang terdiri dari 5 siswa . 
*        Setiap kelompok mendapatkan nomor  1,2,3,4,5
*        Guru membagikan Lembar Kerja.
*        Memberikan petunjuk pada siswa tentang pengisian Lembar Kerja.
*        Guru Memperdengarkan rekaman percakapan yang isinya tentang ungkapan sapaan .
*        Siswa mendengarkan percakapan dari recorder, Lalu masing masing siswa mengisi lembar kerja/ Menjawab pertanyaan yang ada pada lembar kerja berdasarkan rekaman.
*        Mendiskusikan isian LK dengan teman kelompoknya. Kelompok memastikan bahwa setiap anggota menguasai jawaban masing masing nomor.
*        Setelah diskusi cukup, guru memanggil/menyebut nomor nomor  tertentu untuk menjawab atau melaporkan.
*        Guru meneruskan proses sampai semua pertanyaan terjawab.
*        Siswa memajang karyanya dari hasil diskusi kelompok.   

model/metode yang digunakan yaitu CTL (Contextual Teaching and Learning),
D.    Kegiatan penutup
s   Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s   Guru menyimpulkan materi. 
s   Siswa berpartisipasi  dalam menyimpulkan materi.
s   Guru memberi tugas ( P R )).
s   Siswa mengerjakannya di rumah.
s   Guru menyampaikan materi yang akan datang.
Adapun kesulitan yang di alami dalam proses pembelajaran yakni kurangnya alat praga yang di butuhkan dalam PBM walaupun sudah ada worksheet yang dibagikan mewakili dari materi yang telah di ajarkan., siswa yang hadir,pada pertemuan kedua yaitu sebanyak 31 orang, yang tidak hadir hanya 1 orang).
Ø  Pertemuan ketiga ( materi yang di ajarkan yakni Announcement atau pengumuman focus ke skill berbicara(speaking) :  Kamis ,26 September 2013.pukul 10.40-12.00, di kelas VII.1, jam ke dua,  S.K 4,K.D 4.1. materi  announcement adalah pemberitahuan resmi tentang sesuatu supaya diketahui orang banyak. Pengumuman bisa di tulis kemudian ditempelkan pada papan yang mudah dilihat orang banyak. Pengumuman bisa ditulis kemudian di tempelkan pada papan yang mudah dilihat orang ataupun di umumkan secara lisan.
A.  Kegiatan pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi yang diajarkan.
B. Kegiatan Inti
s     Membagi lk yang ke dua yang berisi dialog
s     Siswa berubah posisi dalam bentuk berpasangan.
s     Guru member contoh pengucapan ugkapan dalam dialog.
s     Siswa menirukan.
s     Siswa dalam pasangan menghafalkan dialog.
s     Memperagakan percakapan secara bergantian.
model/metode yang digunakan yaitu CTL (Contextual Teaching and Learning),
E.     Kegiatan penutup
s   Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s   Guru menyimpulkan materi. 
s   Siswa berpartisipasi  dalam menyimpulkan materi.
s   Guru memberi tugas ( P R )).
s   Siswa mengerjakannya di rumah.
s   Guru menyampaikan materi yang akan datang.
Adapun kesulitan yang di alami dalam proses pembelajaran yakni kurangnya alat praga yang di butuhkan dalam PBM walaupun sudah ada worksheet yang dibagikan mewakili dari materi yang telah di ajarkan., siswa yang hadir,pada pertemuan ke tiga yaitu sebanyak 31 orang, yang tidak hadir hanya 1 orang).
Ø  Pertemuan keempat ( materi yang di ajarkan yakni Announcement atau pengumuman focus ke skill membaca(reading) :  Selasa ,01 oktober 2013.pukul 11.20-12.30, di kelas VII.1, jam ke tiga,  S.K 5,K.D 5.1.
materi  announcement
Students Writing Contest

THE ATLANTIC MONTHLY invites submission of poetry, fiction, and personal or journalistic essays for this year’s Student Writing Contest.

CATEGORIES
Poetry, fiction, and personal or journalistic essays.

MANUSCRIPT should be typewritten  ( one side only, please) double –spaced, and accompanied by a cover sheet with the following information : title, category, word count, author’s name, address (if available), and academic institution. Of this information, only the title should appear on the manuscript itself.


POSTMARK SUBMISSION BY 1ST DECEMBER AND SEND TO  :
Student writing Contest
The Atlantic Monthly
77N. Washington Steer
Boston, MA 02114

 













A.  Kegiatan pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi yang diajarkan.
B. Kegiatan Inti
s Mendengarkan dan merespon.
s Hal-hal yang perlu diperhatikandalam kegiatan membaca nyaring:
ü  Pronunciation
ü  Intonation .
s Mendengarkan model (Guru)  membaca nyaring
s Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
s Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar .
model/metode yang digunakan yaitu Direct Method
Kegiatan penutup
s   Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s   Guru menyimpulkan materi. 
s   Siswa berpartisipasi  dalam menyimpulkan materi.
s   Guru memberi tugas ( P R )).
s   Siswa mengerjakannya di rumah.
s   Guru menyampaikan materi yang akan datang.
(siswa yang hadir,pada pertemuan ke empat yaitu sebanyak 31 orang, yang tidak hadir hanya 1 orang).

Ø  Pertemuan kelima ( materi yang di ajarkan yakni Announcement atau pengumuman focus ke skill menulis(writing) :  Kamis ,03 oktober 2013.pukul 10.40-12.00, di kelas VII.1, jam ke dua,S.K 6,K.D 6.1.
materi  announcement
Students Writing Contest

THE ATLANTIC MONTHLY invites submission of poetry, fiction, and personal or journalistic essays for this year’s Student Writing Contest.

CATEGORIES
Poetry, fiction, and personal or journalistic essays.

MANUSCRIPT should be typewritten  ( one side only, please) double –spaced, and accompanied by a cover sheet with the following information : title, category, word count, author’s name, address (if available), and academic institution. Of this information, only the title should appear on the manuscript itself.


POSTMARK SUBMISSION BY 1ST DECEMBER AND SEND TO  :
Student writing Contest
The Atlantic Monthly
77N. Washington Steer
Boston, MA 02114

 




A.  Kegiatan pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi y

B. Kegiatan Inti
s  Review berbagai hal terkait teks fungsional pendek
-     pengumuman
s  Siswa dikelompokkan ke dalam 5-6 kelompok.
s  Membagikan materi ajar ( buku paket) untuk setiap kelompok dan siswa membaca teks pengumuman dan mengidentifikasi ciri kebahasaan . (inquiry)[explorasi]
s  Mendiskusikan kosakata/frase terkait dengan jenis teks pengumuman. (inquiry and questioning)[explorasi]
s  Membagikan Lembar Kerja (LK) untuk menulis tek recount secara berkelompok. (learning community)[elaborasi]
s  Setiap kelompok memilih sebuah topik yang menarik untuk membuat teks pengumuman secara berkelompok.[elaborasi]
s  Setiap anggota kelompok menulis tema  pengumuman. [elaborasi]
s  Anggota kelompok memutar kertas mereka ke arah kiri mereka. setiap anggota yang menerimanya harus melanjutkan teks pengumuman. setiap anggota memiliki waktu 2 menit untuk membaca dan menulis (1 kalimat). Kertas diputar hingga pada akhirnya teks pengumuman itu lengkap menjadi sebuah teks pengumuman.[elaborasi]
s  jika sudah selesai, kelompok berbagi teks pengumuman dan memilih salah satu pengumuman untuk dibacakan di kelompok. kemudian, angota-anggota kelompok menyunting pengumuman tersebut untuk meningkatkan kualitas  tulisan.[elaborasi]
s  Memajang hasil tulisan. (Authentic Assessment)[konfirmasi]
s  Mempresentasikan hasil kerja. (Authentic Assessment)[konfirmasi]
s  Guru memberi penguatan tentang hasil karya siswa [konfirmasi

model/metode yang digunakan yakni CTL( Contextual Teaching and Learning)
Kegiatan penutup
s   Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s   Guru menyimpulkan materi. 
s   Siswa berpartisipasi  dalam menyimpulkan materi.
s   Guru memberi tugas ( P R )).
s   Siswa mengerjakannya di rumah.
s   Guru menyampaikan materi yang akan datang.
(siswa yang hadir,pada pertemuan kelima yaitu sebanyak 31 orang, yang tidak hadir hanya 1 orang).

Ø  Pertemuan keenam ( materi yang di ajarkan yakni Short Message atau pesan singkat focus ke skill listening(Mendengarkan) :  Selasa ,08 oktober 2013.pukul 11.20-12.30, di kelas VII.1, jam ke dua,S.K 2,K.D 2.1.
Dear Samson,
Please meet me at the library at 3.30 p.m. I ‘ll be waiting at the main entrance.
See you later
Mega
Mega
materi  short message


A.  Kegiatan pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi yang diajarkan.
B. Kegiatan Inti
*        Memperdengarkan beberapa dialog yang berisi tentang short message
*        Mengidentifkasi ungkapan ungkapan short message
*        Guru Membagi  kelompok yang terdiri dari 5 siswa . 
*        Setiap kelompok mendapatkan nomor  1,2,3,4,5
*        Guru membagikan Lembar Kerja.
*        Memberikan petunjuk pada siswa tentang pengisian Lembar Kerja.
*        Guru Memperdengarkan rekaman percakapan yang isinya tentang ungkapan dari short message .
*        Siswa mendengarkan percakapan dari recorder, Lalu masing masing siswa mengisi lembar kerja/ Menjawab pertanyaan yang ada pada lembar kerja berdasarkan rekaman.
*        Mendiskusikan isian LK dengan teman kelompoknya. Kelompok memastikan bahwa setiap anggota menguasai jawaban masing masing nomor.
*        Setelah diskusi cukup, guru memanggil/menyebut nomor nomor  tertentu untuk menjawab atau melaporkan.
*        Guru meneruskan proses sampai semua pertanyaan terjawab.
*        Siswa memajang karyanya dari hasil diskusi kelompok.   
model/metode yang digunakan yakni CTL( Contextual Teaching and Learning)
Kegiatan penutup
s   Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s   Guru menyimpulkan materi. 
s   Siswa berpartisipasi  dalam menyimpulkan materi.
s   Guru memberi tugas ( P R )).
s   Siswa mengerjakannya di rumah.
s   Guru menyampaikan materi yang akan datang.
(siswa yang hadir,pada pertemuan keenam yaitu sebanyak 30 orang, yang tidak hadir hanya 2 orang).
Ø  Pertemuan ketujuh ( materi yang di ajarkan yakni Short Message atau pesan singkat focus ke skill speaking(berbicara) :  Kamis ,10 oktober 2013.pukul 10.40-12.00, di kelas VII.1, jam ke dua,S.K 4,K.D 4.1.
materi  short message
MAKING A PHONE CALL
Can I speak to Jhon?
(kriiiing…Kring..kriiinnng)
Lina ; hello.
Mila : Hello, this is Mila. Can I speak to Jhon?
Lina : Sorry, he isn’t here at the moment. Can I take a message?
Mila : Yes please.Could you ask him to call me back? It’s Mila.
Lina : Okay, call Mila. Does he have your number?
Mila : it’s 085 399 006 517
Lina : so that’s 085 399 006 517
Mila : Yes, thanks very much.Bye.
Lina : you’re welcome. Bye


A.  Kegiatan pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi yang diajarkan.
B. Kegiatan Inti
s  Mendengarkan dan merespon.
s  Review kosa kata dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
s  Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam percakapan making a phone call
ü  Pronunciation
ü  Intonation .
s  Mendengarkan model (Guru)  mengungkapan percakapan terkait dengan short message.
s  Menirukan ungkapan percakapan
s  Membuat percakapan sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar .
model/metode yang digunakan yakni Direct Method
Kegiatan penutup
s   Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s   Guru menyimpulkan materi. 
s   Siswa berpartisipasi  dalam menyimpulkan materi.
s   Guru memberi tugas ( P R )).
s   Siswa mengerjakannya di rumah.
s   Guru menyampaikan materi yang akan datang.
(siswa yang hadir,pada pertemuan ketujuh yaitu sebanyak 29 orang, yang tidak hadir hanya 3 orang).

Ø  Pertemuan kedelapan ( materi yang di ajarkan yakni Short Message atau pesan singkat focus ke skill reading and writing :  Kamis ,10 oktober 2013.pukul 11.20-12.30, di kelas VII.1, jam ke dua,S.K 2,K.D 2.1.
materi  short message
Dear Samson,
Please meet me at the library at 3.30 p.m. I ‘ll be waiting at the main entrance.
See you later
Mega
Mega
 







A.  Kegiatan pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi yang diajarkan.
B. Kegiatan Inti
*        Memperdengarkan beberapa dialog yang berisi tentang short message
*        Mengidentifkasi ungkapan ungkapan short message
*        Guru Membagi  kelompok yang terdiri dari 5 siswa . 
*        Setiap kelompok mendapatkan nomor  1,2,3,4,5
*        Guru membagikan Lembar Kerja.
*        Memberikan petunjuk pada siswa tentang pengisian Lembar Kerja.
*        Guru Memperdengarkan rekaman percakapan yang isinya tentang ungkapan dari short message .
*        Siswa mendengarkan percakapan dari recorder, Lalu masing masing siswa mengisi lembar kerja/ Menjawab pertanyaan yang ada pada lembar kerja berdasarkan rekaman.
*        Mendiskusikan isian LK dengan teman kelompoknya. Kelompok memastikan bahwa setiap anggota menguasai jawaban masing masing nomor.
*        Setelah diskusi cukup, guru memanggil/menyebut nomor nomor  tertentu untuk menjawab atau melaporkan.
*        Guru meneruskan proses sampai semua pertanyaan terjawab.
*        Siswa memajang karyanya dari hasil diskusi kelompok.   
model/metode yang digunakan yakni CTL( Contextual Teaching and Learning)
Kegiatan penutup
s   Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s   Guru menyimpulkan materi. 
s   Siswa berpartisipasi  dalam menyimpulkan materi.
s   Guru memberi tugas ( P R )).
s   Siswa mengerjakannya di rumah.
s   Guru menyampaikan materi yang akan datang.
(siswa yang hadir,pada pertemuan keenam yaitu sebanyak 30 orang, yang tidak hadir hanya 2 orang).

Ø  Pertemuan ketujuh ( materi yang di ajarkan yakni Short Message atau pesan singkat focus ke skill speaking(berbicara) :  Kamis ,17 oktober 2013.pukul 10.40-12.00, di kelas VII.1, jam ke dua,S.K 5,6,K.D 5.1. 6.1
materi  short message
Mega writes a message to her friend, Samson. She wants to meet him at the library at 3.30 p.m. She says she’ll be waiting at the main entrance.
Dear Samson,
Please meet me at the library at 3.30 p.m. I’ll be waiting at the main entrance.
See you later
A.  Kegiatan pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi yang diajarkan.
B. Kegiatan Inti
s  Mendengarkan dan merespon.
s  Review kosa kata dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
s  Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam membaca nyaring:
ü  Pronunciation
ü  Intonation .
s  Mendengarkan model (Guru)  mengungkapan percakapan terkait dengan short message.
s  Menirukan ungkapan percakapan
s  Membuat percakapan sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar .

model/metode yang digunakan yakni Direct Method

Kegiatan penutup
s   Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s   Guru menyimpulkan materi. 
s   Siswa berpartisipasi  dalam menyimpulkan materi.
s   Guru memberi tugas ( P R )).
s   Siswa mengerjakannya di rumah.
s   Guru menyampaikan materi yang akan datang.
(siswa yang hadir,pada pertemuan kedelapan yaitu sebanyak 29 orang, yang tidak hadir hanya 3 orang).
C. Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran
}  Menggunakan tes tertulis (  Pilihan ganda)
}  Pemberian tugas diakhir pembelajaran (PR/Kuis, tugas individu, Klp)
}  Ulangan harian ( lengkap kisi-kisi soal,  Instrumen, kunci jawaban, pedoman penskoran/ rubrik yang digunakan














Bab III
Kegiatan Ekstrakurikuler dan tugas-tugas lain
}  Kegiatan Ektrakurikuler (  futsal, bola volley, bulu tangkis).
}  Tugas – tugas lain  ( membantu guru piket, mengisi kelas yang kosong, mengikuti kegiatan olah raga bersama guru, upacara bendera setiap hari senin, apel pagi dan pulang setiap hari, mengikuti kegiatan persami )
























Bab IV
Identifikasi Masalah dan Pemecahannya
A. Identifikasi masalah
}  Dalam pelaksanaan PPL
}  Dalam Proses kegiatan belajar mangajar  dikelas ( salah satu masalah yang sering terjadi di dalam proses belajar mengajar yakni kurang siapnya siswa dalam menerima pelajaran, dalam hal ini saya sedikit menemukan kesulitan yaitu banyak siswa yang bermain pada saat belajar dan adapun siswa yang tidak mengerjakan tugas sebagaimana mestinya. Sebagian besar siswa hendaknya dalam pengawasan  dan penguatan yang lebih.
}  B. Pemecahan
Memberikan banyak motivasi, arahan, dan wejangan kepada mereka betapa pentingnya mata pelajaran yang di ajarkan. Adapun siswa yang sering mengganggu teman-teman yang lain sekiranya di beri pendekatan khusus agar tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.















Bab. V 
Penutup
A.    Kesimpulan
Dari kegiatan proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler yang telah di ikuti penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa masih banyak hal yang dapat di perbaharui dalam proses pembelajaran, dengan adanya metode yang baru yang dapat menarik siswa untuk mengikuti proses pembelajaran maka di harapkan pula dapat mempengaruhi minat belajar dari siswa itu sendiri. Dengan adanya rencana proses pembelajaran (RPP) dapat membantu guru maupun siswa untuk memperoleh pengajaran yang lebih baik dan lebih terstruktur.
B.     Saran
Tak  lupa pula penulis banyak mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu proses pembuatan laporan ini. Dalam penulisan laporan ini penulis sangat mengharapakan adanya kritikan maupun saran dari berbagai pihak untuk memenuhi laporan yang lebih baik sebagaimana mestinya.
Lampiran
}  Silabus dan RPP yang diajarkan
}  Soal Ulangan harian lengkap dengan kisi-kisi, kunci jawaban, dan pedoman penskoran
}  Hasil karya siswa
}  Daftar hadir siswa yang diajar
}  Daftar nilai siswa ( nilai tugas dan Ulangan harian)
}  Foto-foto proses pembelajaran di kelas/di luar kelas dan kegiatan ekstrakurikuler
}  Jurnal reflektif



}  Foto-foto proses pembelajaran di kelas/di luar kelas dan kegiatan ekstrakurikuler
 















Tidak ada komentar: