Selasa, 20 Agustus 2013

makanan abi sama mimi,,,,,,si hamster nan imut

 
hobby.......makanan baik untuk si unyu2 ku abi...mimi...hahahaaaa
 
\Hamster adalah hewan omnivora tetapi bukan berarti boleh diberi segala jenis makanan. Tidak baik memberikan makanan kelinci untuk hamster anda. Hamster perlu 18% protein, sedangkan kelinci hanya 14%. Selain itu, makanan kelinci mengandung obat anti-coccidiosis yang berbahaya bagi hewan lain kecuali kelinci.
Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh hamster, antara lain:
  1. Makanan yang berbumbu
  2. Segala jenis jeruk dan lemon
  3. Makanan manis seperti coklat
  4. Makanan anjing atu kucing karena memiliki kadar protein yang terlalu tinggi.

Beberapa buah dan sayur yang dapat dikonsumsi oleh hamster sebagai makanan selingan yaitu apel, wortel, timun, kol, selada, pisang, pir, kacang polong. Makanan ini hanya boleh diberi kepada hamster dalam jumlah yang harus amat terbatas. Jika berlebih akan menyebabkan kerusakan pencernaan pada hamster.
Berikut beberapa tips dan bahan untuk meracik pakan hamster yang baik :

  • Biji bunga matahari/kuaci

Biji bunga matahari atau sering di sebut kuaci menurut saya adalah makanan paling di sukai hamster,tapi katanya sebaiknya hamster tidak boleh di kasih banyak banyak karena kuaci mengandung LEMAK
"Tapi jangan dengerin tuu itu gak bener buktinya "hamster saya tiap hari di kasih kuaci" 
 dan sama sekali tidak rontok malah hamster saya jadi ndut,...

  • Beras/Beras merah

Seperti kita, hamster juga butuh yang namanya karbohidrat,Katanya lebih bagus kalau kita kasih dalam bentuk gabah, karena kulitnya mengandung vitamin D.tetapi menurut saya, malah lebih simple pake beras langsung saja. Kenapa? Karena biar kulitnya nggak bikin kotor kandang hamster kita aja, karna hamster hanya akan memakan isinya saja,dan  kulitnya pasti dibuang.

  • Kacang hijau

menurut saya inilah makanan jenis kedua yang disukai hamster disamping biji bunga matahari. Apalagi jika hamil… makanan ini sangat disukai hamster ketimbang biji bunga matahari. sebaiknya jika hamster hamil berilah si hamster Kacang hijau atau kedelai .agar tulang si bayi tumbuh dengan baik dan nggak ada yang cacat.

  • Makanan burung perkutut

Ini berbenuk biji2an yang bentuknya kecil2, ini juga disukai hamster.saya sering menambahkan makanan burung perkutut di pakan hamster saya.

  • Jagung

Ini adalah makanan yang menurut saya kurang disukai oleh hamster , saran saya, beri sediki saja untuk jagung.              
Cara meraciknya: Cara meraciknya sangat mudah hanya tinggal menyampurkan semua Biji-bijian di atas,lalu di makan deh sama si hamster,
 Catatan!!!
Ada yang bilang hamster tidak perlu di kasih air putih,tapi itu benar-benar kesalahan yang fatal. berikan air putih dengan cukup jika makanan yang kita berikan adalah jenis diatas.Terus ditaruh dalam DOT khusus hamster..biar nggak gampang tumpah dan si hamter nggak basah kena air minumnya.

Tidak ada komentar: