BAB I
GAMBARAN
UMUM SEKOLAH NEGERI 4 PALOPO
A.
SEJARAH SINGKAT
SMP NEGERI 4 PALOPO
SMP Negeri 4 Palopo adalah sekolah
Negeri di bawah naungan Menteri Pendidikan Nasional berdiri pada tahun 1981 dan
mulai beroperasi pada tahun 1982 sampai sekarang , SMP Negeri 4 Palopo terletak di jalan Andi Kambo
Kelurahan Malatunrung Kecamatan Wara Timur Kota Palopo. Sekolah ini memiliki
luas tanah sebesar 17.546 m2 dan luas bangunannya sebesar 5.233 m2.
Hingga
Tahun 2013 SMP Negeri 4
Palopo telah mengalami 6 (enam)
kali pergantian Kepala Sekolah, Yakni :
Ø YUNUS BATOTENG
Ø Drs.TITUS LOLO
Ø BAKRY, S.Pd.
Ø SAMSURI, S.Pd.,M.Pd.
Ø BURHANUDDIN SEMMAIDE, S.Pd., M.M
Ø Drs. ABD. RAHMAN P
B.
VISI MISI SMP
NEGERI 4 PALOPO
Ø VISI SMP NEGERI 4 PALOPO
“Unggul
Dalam Prestasi Yang Dijiwai Oleh Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa”
Ø MISI SMP NEGERI 4 PALOPO
1.
Mengembangkan
sikap dan perilaku religiusitas dan kekeluargaan di dalam lingkungan sekolah
2.
Mengembangkan
budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerja sama, saling
menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri.
3.
Menciptakan
lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih dan nyaman.
4.
Menciptakan
suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut
salah, dan demokratis.
5.
Mewujudkan
sekolah inovatif
6.
Mewujudkan
manajemen berbasis sekolah yang tangguh.
7.
Mewujudkan
sekolah Adiwiata yang menyenangkan belajar siswanya.
8.
Mewujudkan
kemampuan akademik, olahraga dan seni yang tangguh dan kompetitif.
9.
Mewujudkan
kepramukaan yang menjadi suri tauladan.
C.
KEADAAN SISWA SMPN 4 PALOPO
Keadaan siswa SMP Negeri 4
Palopo dalam 4 (empat ) tahun terakhir sebagai berikut :
Tabel 1: Keadaan Siswa
4 Tahun terakhir
Th.
Pelajaran
|
Jml
Pendaftar (Cln Siswa baru)
|
Kelas
VII
|
Kelas
VIII
|
Kelas
IX
|
Jumlah
(Kls. (VII + VIII +
IX
)
|
||||
Jumlah Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Juml Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Juml Siswa
|
Jumlah Rombel
|
Juml Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
||
2007/2008
|
225
|
196
|
6
|
188
|
6
|
187
|
6
|
571
|
18
|
2008/2009
|
275
|
256
|
8
|
190
|
6
|
186
|
6
|
632
|
20
|
2009/2010
|
289
|
256
|
8
|
256
|
8
|
189
|
6
|
701
|
22
|
2010/2011
|
326
|
270
|
8
|
249
|
8
|
256
|
8
|
775
|
24
|
2011/2012
|
521
|
244
|
9
|
254
|
8
|
227
|
8
|
725
|
25
|
D.
SARANA DAN
PRASARANA SMP NEGERI 4 PALOPO
Sarana dan Prasarana SMP Negeri 4 Palopo sebagai berikut :
Tabel 2
: Sarana dan Prasarana
Ruangan
|
Jumlah
Ruang
|
|
|
Jumlah
Ruang
|
Ruang Kelas (asli)
(a)
|
23
|
Ruang Kelas
|
23
|
|
Ruang lainnya yang
digunakan untuk/sbg ruang kelas (b) yaitu ruang
Darurat ( bekas kantin SMPN 4 Palopo)
|
1
|
Perpustakaan
|
1
|
|
Lab. TIK
|
1
|
|||
Ruang Guru
|
1
|
|||
Raung Laboratorium
IPA
|
1
|
Ruang Kantor
|
1
|
|
Jml. Ruang Kelas
seluruhnya ( a + b )
|
25
|
Lab. Bahasa
|
1
|
E.
TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN SMP NEGERI 4 PALOPO
Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMP Negeri 4 Palopo
sebagai berikut:
Tabel 3:
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
NO
|
Jumlah
Guru / Staf
|
SMP
Negeri 4 Palopo
|
Keterangan
|
1
|
Guru Tetap ( PNS )
|
42
|
|
2
|
Guru Tdk. Tetap
|
9
|
|
3
|
Pegawai Tetap (staf
Tata Usaha)
|
4
|
|
4
|
Pegawai Tidak Ttetap
|
2
|
|
5
|
Pengawai Perpustakaan
(PNS)
|
2
|
|
6
|
Pengawai
Perpustakaan (Honorer)
|
1
|
|
7
|
Satpam
|
2
|
|
8
|
Cleaning Service
|
1
|
|
|
Jumlah
|
63
|
|
BAB II
KEGIATAN PRAKTEK PEMBELAJARAN
A. PENYUSUNAN
RENCANA PEMBELAJARAN
Pada waktu yang telah di tentukan penulis telah tiba
di praktek. Penulis mendapatkan :
Standar
Kompetensi (SK):
2. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat .
4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional
pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
5. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional
pendek sangat sederhana
untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi
Dasar (KD):
2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam
teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancer, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
4.1 mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek
sederhana secara akurat, lancer, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat.
6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
SKILL
Dalam proses belajar mengajar ada 4 skill yang
diajarkan yakni:
-
Mendengarkan
(Listening),
-
Berbicara
(Speaking),
-
Membaca
(Reading) dan
-
Menulis
(Writing)
B.
Pelaksanaan
Pembelajaran (
8 kali Pertemuan )
} Pelaksanaan
Observasi ( dalam pelaksanaan observasi saya mencari tahu sejarah
singkat berdirinya SMP Negeri 4 Palopo, nama kepala sekolah, kondisi objektif
sekolah, jumlah ruangan (Kelas, Ruang Guru, Kantor, Lab.Perpustakaan) Musollah,
ruang BK dan Kantin Kejujuran.
} Pelaksanaan
Pembelajaran di kelas /di luar kelas
Ø Pertemuan pertama
( materi yang di ajarkan yakni
Announcement atau pengumuman focus ke skill mendengarkan
: Kamis, 12 September 2013.pukul 10.40-12.00,
di kelas VII.1,
jam ke dua, S.K
2,K.D 2.1. materi announcement
adalah pemberitahuan resmi tentang sesuatu supaya diketahui orang banyak.
Pengumuman bisa di tulis kemudian ditempelkan pada papan yang mudah dilihat
orang banyak. Pengumuman bisa ditulis kemudian di tempelkan pada papan yang
mudah dilihat orang ataupun di umumkan secara lisan.
A.
Kegiatan
pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon
siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi
yang diajarkan.
B.
Kegiatan Inti
Memperdengarkan
beberapa dialog yang berisi tentang announcement
Mengidentifkasi
ungkapan ungkapan announcement
Guru
Membagi kelompok yang terdiri dari 5
siswa .
Setiap
kelompok mendapatkan nomor 1,2,3,4,5
Guru
membagikan Lembar Kerja.
Memberikan
petunjuk pada siswa tentang pengisian Lembar Kerja.
Guru
Memperdengarkan rekaman percakapan yang isinya tentang ungkapan sapaan .
Siswa
mendengarkan percakapan dari recorder, Lalu masing masing siswa mengisi lembar
kerja/ Menjawab pertanyaan yang ada pada lembar kerja berdasarkan rekaman.
Mendiskusikan
isian LK dengan teman kelompoknya. Kelompok memastikan bahwa setiap anggota
menguasai jawaban masing masing nomor.
Setelah
diskusi cukup, guru memanggil/menyebut nomor nomor tertentu
untuk menjawab atau melaporkan.
Guru
meneruskan proses sampai semua pertanyaan terjawab.
Siswa
memajang karyanya dari hasil diskusi kelompok.
model/metode
yang digunakan yaitu CTL
(Contextual Teaching and Learning),
C.
Kegiatan
penutup
s Guru menanyakan
kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s Guru menyimpulkan
materi.
s Siswa berpartisipasi dalam menyimpulkan materi.
s Guru memberi tugas ( P
R )).
s Siswa mengerjakannya di
rumah.
s Guru menyampaikan
materi yang akan datang.
Adapun
kesulitan yang di alami dalam proses pembelajaran yakni kurangnya alat praga
yang di butuhkan dalam PBM walaupun sudah ada worksheet yang dibagikan mewakili
dari materi yang telah di ajarkan., siswa yang hadir,pada pertemuan pertama yaitu sebanyak 31 orang,
yang tidak hadir hanya 1 orang).
Ø Pertemuan kedua ( materi
yang di ajarkan yakni Announcement atau pengumuman focus ke skill( listening)
: Selasa,24 September 2013.pukul 11.20-12.30,
di kelas VII.1,
jam ke tiga, S.K
2,K.D 2.1. materi announcement
adalah pemberitahuan resmi tentang sesuatu supaya diketahui orang banyak.
Pengumuman bisa di tulis kemudian ditempelkan pada papan yang mudah dilihat
orang banyak. Pengumuman bisa ditulis kemudian di tempelkan pada papan yang
mudah dilihat orang ataupun di umumkan secara lisan.
A.
Kegiatan
pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon
siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi
yang diajarkan.
B.
Kegiatan Inti
Memperdengarkan
beberapa dialog yang berisi tentang announcement
Mengidentifkasi
ungkapan ungkapan announcement
Guru
Membagi kelompok yang terdiri dari 5
siswa .
Setiap
kelompok mendapatkan nomor 1,2,3,4,5
Guru
membagikan Lembar Kerja.
Memberikan
petunjuk pada siswa tentang pengisian Lembar Kerja.
Guru
Memperdengarkan rekaman percakapan yang isinya tentang ungkapan sapaan .
Siswa
mendengarkan percakapan dari recorder, Lalu masing masing siswa mengisi lembar
kerja/ Menjawab pertanyaan yang ada pada lembar kerja berdasarkan rekaman.
Mendiskusikan
isian LK dengan teman kelompoknya. Kelompok memastikan bahwa setiap anggota
menguasai jawaban masing masing nomor.
Setelah
diskusi cukup, guru memanggil/menyebut nomor nomor tertentu
untuk menjawab atau melaporkan.
Guru
meneruskan proses sampai semua pertanyaan terjawab.
Siswa
memajang karyanya dari hasil diskusi kelompok.
model/metode
yang digunakan yaitu CTL
(Contextual Teaching and Learning),
D.
Kegiatan
penutup
s Guru menanyakan
kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s Guru menyimpulkan
materi.
s Siswa
berpartisipasi dalam menyimpulkan
materi.
s Guru memberi tugas ( P
R )).
s Siswa mengerjakannya di
rumah.
s Guru menyampaikan
materi yang akan datang.
Adapun
kesulitan yang di alami dalam proses pembelajaran yakni kurangnya alat praga
yang di butuhkan dalam PBM walaupun sudah ada worksheet yang dibagikan mewakili
dari materi yang telah di ajarkan., siswa yang hadir,pada pertemuan kedua yaitu sebanyak 31 orang,
yang tidak hadir hanya 1 orang).
Ø Pertemuan ketiga
( materi yang di ajarkan yakni
Announcement atau pengumuman focus ke skill berbicara(speaking)
: Kamis ,26 September 2013.pukul 10.40-12.00,
di kelas VII.1,
jam ke dua, S.K
4,K.D 4.1. materi announcement
adalah pemberitahuan resmi tentang sesuatu supaya diketahui orang banyak.
Pengumuman bisa di tulis kemudian ditempelkan pada papan yang mudah dilihat
orang banyak. Pengumuman bisa ditulis kemudian di tempelkan pada papan yang
mudah dilihat orang ataupun di umumkan secara lisan.
A.
Kegiatan
pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon
siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi
yang diajarkan.
B.
Kegiatan Inti
s Membagi lk yang ke dua
yang berisi dialog
s Siswa berubah posisi
dalam bentuk berpasangan.
s Guru member contoh
pengucapan ugkapan dalam dialog.
s Siswa menirukan.
s Siswa dalam pasangan
menghafalkan dialog.
s Memperagakan percakapan
secara bergantian.
model/metode
yang digunakan yaitu CTL
(Contextual Teaching and Learning),
E.
Kegiatan
penutup
s Guru menanyakan kesulitan
yang dihadapi siswa selama PBM
s Guru menyimpulkan
materi.
s Siswa
berpartisipasi dalam menyimpulkan
materi.
s Guru memberi tugas ( P
R )).
s Siswa mengerjakannya di
rumah.
s Guru menyampaikan
materi yang akan datang.
Adapun
kesulitan yang di alami dalam proses pembelajaran yakni kurangnya alat praga
yang di butuhkan dalam PBM walaupun sudah ada worksheet yang dibagikan mewakili
dari materi yang telah di ajarkan., siswa yang hadir,pada pertemuan ke tiga yaitu sebanyak 31 orang,
yang tidak hadir hanya 1 orang).
Ø Pertemuan keempat
( materi yang di ajarkan yakni
Announcement atau pengumuman focus ke skill membaca(reading)
: Selasa ,01 oktober 2013.pukul 11.20-12.30,
di kelas VII.1,
jam ke tiga, S.K
5,K.D 5.1.
materi announcement
Students Writing Contest
THE ATLANTIC MONTHLY invites submission of poetry, fiction, and
personal or journalistic essays for this year’s Student Writing Contest.
CATEGORIES
Poetry, fiction, and
personal or journalistic essays.
MANUSCRIPT should be typewritten ( one side only, please) double –spaced,
and accompanied by a cover sheet with the following information : title,
category, word count, author’s name, address (if available), and academic
institution. Of this information, only the title should appear on the
manuscript itself.
POSTMARK SUBMISSION BY 1ST
DECEMBER AND SEND TO :
Student writing Contest
The Atlantic Monthly
77N. Washington Steer
Boston, MA 02114
|
A.
Kegiatan
pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon
siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi
yang diajarkan.
B.
Kegiatan Inti
s Mendengarkan
dan merespon.
s Hal-hal
yang perlu diperhatikandalam kegiatan membaca nyaring:
ü
Pronunciation
ü
Intonation .
s Mendengarkan
model (Guru) membaca nyaring
s Menirukan
membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
s Membaca
nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar .
model/metode
yang digunakan yaitu Direct
Method
Kegiatan penutup
s Guru menanyakan
kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s Guru menyimpulkan
materi.
s Siswa
berpartisipasi dalam menyimpulkan
materi.
s Guru memberi tugas ( P
R )).
s Siswa mengerjakannya di
rumah.
s Guru menyampaikan
materi yang akan datang.
(siswa
yang hadir,pada pertemuan ke empat yaitu sebanyak 31 orang,
yang tidak hadir hanya 1 orang).
Ø Pertemuan kelima
( materi yang di ajarkan yakni
Announcement atau pengumuman focus ke skill menulis(writing)
: Kamis ,03 oktober 2013.pukul 10.40-12.00,
di kelas VII.1,
jam ke dua,S.K 6,K.D 6.1.
materi announcement
Students Writing Contest
THE ATLANTIC MONTHLY invites submission of poetry, fiction, and
personal or journalistic essays for this year’s Student Writing Contest.
CATEGORIES
Poetry, fiction, and
personal or journalistic essays.
MANUSCRIPT should be typewritten ( one side only, please) double –spaced,
and accompanied by a cover sheet with the following information : title,
category, word count, author’s name, address (if available), and academic
institution. Of this information, only the title should appear on the
manuscript itself.
POSTMARK SUBMISSION BY 1ST
DECEMBER AND SEND TO :
Student writing Contest
The Atlantic Monthly
77N. Washington Steer
Boston, MA 02114
|
A.
Kegiatan
pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon
siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi y
B.
Kegiatan Inti
s Review berbagai hal terkait
teks fungsional pendek
- pengumuman
s
Siswa dikelompokkan ke dalam 5-6 kelompok.
s
Membagikan materi ajar ( buku paket) untuk setiap
kelompok dan siswa membaca teks pengumuman dan mengidentifikasi ciri kebahasaan
. (inquiry)[explorasi]
s
Mendiskusikan kosakata/frase terkait dengan jenis teks
pengumuman. (inquiry and questioning)[explorasi]
s
Membagikan Lembar Kerja (LK) untuk menulis tek recount
secara berkelompok. (learning community)[elaborasi]
s
Setiap kelompok memilih sebuah topik yang menarik untuk
membuat teks pengumuman secara berkelompok.[elaborasi]
s
Setiap anggota kelompok menulis tema pengumuman. [elaborasi]
s
Anggota kelompok memutar kertas mereka ke arah kiri
mereka. setiap anggota yang menerimanya harus melanjutkan teks pengumuman.
setiap anggota memiliki waktu 2 menit untuk membaca dan menulis (1 kalimat).
Kertas diputar hingga pada akhirnya teks pengumuman itu lengkap menjadi sebuah
teks pengumuman.[elaborasi]
s
jika sudah selesai, kelompok berbagi teks pengumuman dan
memilih salah satu pengumuman untuk dibacakan di kelompok. kemudian,
angota-anggota kelompok menyunting pengumuman tersebut untuk meningkatkan
kualitas tulisan.[elaborasi]
s Memajang hasil tulisan. (Authentic
Assessment)[konfirmasi]
s Mempresentasikan
hasil kerja. (Authentic Assessment)[konfirmasi]
s Guru
memberi penguatan tentang hasil karya siswa [konfirmasi
model/metode
yang digunakan yakni CTL(
Contextual Teaching and Learning)
Kegiatan penutup
s Guru menanyakan
kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s Guru menyimpulkan
materi.
s Siswa
berpartisipasi dalam menyimpulkan
materi.
s Guru memberi tugas ( P
R )).
s Siswa mengerjakannya di
rumah.
s Guru menyampaikan
materi yang akan datang.
(siswa
yang hadir,pada pertemuan kelima yaitu sebanyak 31 orang,
yang tidak hadir hanya 1 orang).
Ø Pertemuan keenam
( materi yang di ajarkan yakni
Short Message atau pesan singkat focus ke skill listening(Mendengarkan)
: Selasa ,08 oktober 2013.pukul 11.20-12.30,
di kelas VII.1,
jam ke dua,S.K 2,K.D 2.1.
Dear Samson,
Please meet
me at the library at 3.30 p.m. I ‘ll be waiting at the main entrance.
See you
later
Mega
Mega
|
A.
Kegiatan
pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon
siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi
yang diajarkan.
B.
Kegiatan Inti
Memperdengarkan
beberapa dialog yang berisi tentang short message
Mengidentifkasi
ungkapan ungkapan short message
Guru
Membagi kelompok yang terdiri dari 5
siswa .
Setiap
kelompok mendapatkan nomor 1,2,3,4,5
Guru
membagikan Lembar Kerja.
Memberikan
petunjuk pada siswa tentang pengisian Lembar Kerja.
Guru
Memperdengarkan rekaman percakapan yang isinya tentang ungkapan dari short
message
.
Siswa
mendengarkan percakapan dari recorder, Lalu masing masing siswa mengisi lembar
kerja/ Menjawab pertanyaan yang ada pada lembar kerja berdasarkan rekaman.
Mendiskusikan
isian LK dengan teman kelompoknya. Kelompok memastikan bahwa setiap anggota
menguasai jawaban masing masing nomor.
Setelah
diskusi cukup, guru memanggil/menyebut nomor nomor tertentu
untuk menjawab atau melaporkan.
Guru
meneruskan proses sampai semua pertanyaan terjawab.
Siswa
memajang karyanya dari hasil diskusi kelompok.
model/metode
yang digunakan yakni CTL(
Contextual Teaching and Learning)
Kegiatan penutup
s Guru menanyakan
kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s Guru menyimpulkan
materi.
s Siswa
berpartisipasi dalam menyimpulkan
materi.
s Guru memberi tugas ( P
R )).
s Siswa mengerjakannya di
rumah.
s Guru menyampaikan
materi yang akan datang.
(siswa
yang hadir,pada pertemuan keenam yaitu sebanyak 30 orang,
yang tidak hadir hanya 2 orang).
Ø Pertemuan ketujuh
( materi yang di ajarkan yakni
Short Message atau pesan singkat focus ke skill speaking(berbicara)
: Kamis ,10 oktober 2013.pukul 10.40-12.00,
di kelas VII.1,
jam ke dua,S.K 4,K.D 4.1.
materi short
message
MAKING A PHONE CALL
Can I speak to Jhon?
(kriiiing…Kring..kriiinnng)
Lina ;
hello.
Mila :
Hello, this is Mila. Can I speak to Jhon?
Lina :
Sorry, he isn’t here at the moment. Can I take a message?
Mila :
Yes please.Could you ask him to call me back? It’s Mila.
Lina : Okay, call Mila. Does he have your number?
Mila : it’s 085 399 006 517
Lina : so that’s 085 399 006 517
Mila : Yes, thanks very much.Bye.
Lina :
you’re welcome. Bye
A.
Kegiatan
pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon
siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi
yang diajarkan.
B.
Kegiatan Inti
s
Mendengarkan dan merespon.
s
Review kosa kata dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan
tema
s
Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam percakapan making
a phone call
ü
Pronunciation
ü
Intonation .
s
Mendengarkan model (Guru)
mengungkapan percakapan terkait dengan short message.
s
Menirukan ungkapan percakapan
s
Membuat percakapan sendiri dengan lafal, intonasi, dan
jeda yang baik dan benar .
model/metode
yang digunakan yakni Direct
Method
Kegiatan penutup
s Guru menanyakan
kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s Guru menyimpulkan
materi.
s Siswa
berpartisipasi dalam menyimpulkan
materi.
s Guru memberi tugas ( P
R )).
s Siswa mengerjakannya di
rumah.
s Guru menyampaikan
materi yang akan datang.
(siswa
yang hadir,pada pertemuan ketujuh yaitu sebanyak 29 orang,
yang tidak hadir hanya 3 orang).
Ø Pertemuan kedelapan
( materi yang di ajarkan yakni
Short Message atau pesan singkat focus ke skill reading and writing
: Kamis ,10 oktober 2013.pukul 11.20-12.30,
di kelas VII.1,
jam ke dua,S.K 2,K.D 2.1.
materi short
message
Dear Samson,
Please meet
me at the library at 3.30 p.m. I ‘ll be waiting at the main entrance.
See you
later
Mega
Mega
|
A.
Kegiatan
pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon
siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi
yang diajarkan.
B.
Kegiatan Inti
Memperdengarkan
beberapa dialog yang berisi tentang short message
Mengidentifkasi
ungkapan ungkapan short message
Guru
Membagi kelompok yang terdiri dari 5
siswa .
Setiap
kelompok mendapatkan nomor 1,2,3,4,5
Guru
membagikan Lembar Kerja.
Memberikan
petunjuk pada siswa tentang pengisian Lembar Kerja.
Guru
Memperdengarkan rekaman percakapan yang isinya tentang ungkapan dari short
message
.
Siswa
mendengarkan percakapan dari recorder, Lalu masing masing siswa mengisi lembar
kerja/ Menjawab pertanyaan yang ada pada lembar kerja berdasarkan rekaman.
Mendiskusikan
isian LK dengan teman kelompoknya. Kelompok memastikan bahwa setiap anggota
menguasai jawaban masing masing nomor.
Setelah
diskusi cukup, guru memanggil/menyebut nomor nomor tertentu
untuk menjawab atau melaporkan.
Guru
meneruskan proses sampai semua pertanyaan terjawab.
Siswa
memajang karyanya dari hasil diskusi kelompok.
model/metode
yang digunakan yakni CTL(
Contextual Teaching and Learning)
Kegiatan penutup
s Guru menanyakan
kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s Guru menyimpulkan
materi.
s Siswa
berpartisipasi dalam menyimpulkan
materi.
s Guru memberi tugas ( P
R )).
s Siswa mengerjakannya di
rumah.
s Guru menyampaikan
materi yang akan datang.
(siswa
yang hadir,pada pertemuan keenam yaitu sebanyak 30 orang,
yang tidak hadir hanya 2 orang).
Ø Pertemuan ketujuh
( materi yang di ajarkan yakni
Short Message atau pesan singkat focus ke skill speaking(berbicara)
: Kamis ,17 oktober 2013.pukul 10.40-12.00,
di kelas VII.1,
jam ke dua,S.K 5,6,K.D 5.1. 6.1
materi short
message
Mega writes a message to her friend, Samson. She wants
to meet him at the library at 3.30 p.m. She says she’ll be waiting at the main
entrance.
Dear
Samson,
Please meet me at the library at 3.30 p.m. I’ll be
waiting at the main entrance.
See you later
A.
Kegiatan
pendahuluan
-Menyiapkan peserta didik secara fisik dan psichis
-salam dan tegur sapa
-tanya jawab berbagai hal tentang kondisi siswa
-memotivasi siswa untuk belajar
-Menuliskan tujuan yang akan dicapai.
-memberi pertanyaan singkat untuk memancing respon
siswa dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa sebelumnya terhadap materi
yang diajarkan.
B.
Kegiatan Inti
s
Mendengarkan dan merespon.
s
Review kosa kata dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan
tema
s
Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam membaca nyaring:
ü
Pronunciation
ü
Intonation .
s
Mendengarkan model (Guru)
mengungkapan percakapan terkait dengan short message.
s
Menirukan ungkapan percakapan
s
Membuat percakapan sendiri dengan lafal, intonasi, dan
jeda yang baik dan benar .
model/metode
yang digunakan yakni Direct
Method
Kegiatan penutup
s Guru menanyakan
kesulitan yang dihadapi siswa selama PBM
s Guru menyimpulkan
materi.
s Siswa
berpartisipasi dalam menyimpulkan
materi.
s Guru memberi tugas ( P
R )).
s Siswa mengerjakannya di
rumah.
s Guru menyampaikan
materi yang akan datang.
(siswa
yang hadir,pada pertemuan kedelapan yaitu sebanyak 29 orang,
yang tidak hadir hanya 3 orang).
C. Pelaksanaan Evaluasi
Pembelajaran
} Menggunakan
tes tertulis ( Pilihan ganda)
} Pemberian
tugas diakhir pembelajaran (PR/Kuis, tugas individu, Klp)
} Ulangan
harian ( lengkap kisi-kisi soal,
Instrumen, kunci jawaban, pedoman penskoran/ rubrik yang digunakan
Bab III
Kegiatan Ekstrakurikuler dan tugas-tugas
lain
} Kegiatan
Ektrakurikuler ( futsal, bola volley, bulu tangkis).
} Tugas
– tugas lain ( membantu guru piket,
mengisi kelas yang kosong, mengikuti kegiatan olah raga bersama guru, upacara
bendera setiap hari senin, apel pagi dan pulang setiap hari, mengikuti kegiatan
persami )
Bab IV
Identifikasi Masalah dan Pemecahannya
A.
Identifikasi masalah
} Dalam pelaksanaan PPL
} Dalam Proses kegiatan belajar mangajar dikelas ( salah satu masalah yang sering terjadi di dalam
proses belajar mengajar yakni kurang siapnya siswa dalam menerima pelajaran,
dalam hal ini saya sedikit menemukan kesulitan yaitu banyak siswa yang bermain
pada saat belajar dan adapun siswa yang tidak mengerjakan tugas sebagaimana
mestinya. Sebagian besar siswa hendaknya dalam pengawasan dan penguatan yang lebih.
} B.
Pemecahan
Memberikan banyak motivasi,
arahan, dan wejangan kepada mereka betapa pentingnya mata pelajaran yang di
ajarkan. Adapun siswa yang sering mengganggu teman-teman yang lain sekiranya di
beri pendekatan khusus agar tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.
Bab. V
Penutup
A.
Kesimpulan
Dari kegiatan proses pembelajaran dan kegiatan
ekstrakulikuler yang telah di ikuti penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa
masih banyak hal yang dapat di perbaharui dalam proses pembelajaran, dengan
adanya metode yang baru yang dapat menarik siswa untuk mengikuti proses
pembelajaran maka di harapkan pula dapat mempengaruhi minat belajar dari siswa
itu sendiri. Dengan adanya rencana proses pembelajaran (RPP) dapat membantu
guru maupun siswa untuk memperoleh pengajaran yang lebih baik dan lebih
terstruktur.
B.
Saran
Tak lupa pula penulis banyak
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu proses
pembuatan laporan ini. Dalam penulisan laporan ini penulis sangat mengharapakan
adanya kritikan maupun saran dari berbagai pihak untuk memenuhi laporan yang lebih
baik sebagaimana mestinya.
Lampiran
} Silabus dan RPP yang diajarkan
} Soal Ulangan harian lengkap dengan kisi-kisi, kunci
jawaban, dan pedoman penskoran
} Hasil karya siswa
} Daftar hadir siswa yang diajar
} Daftar nilai siswa ( nilai tugas dan Ulangan harian)
} Foto-foto proses pembelajaran di kelas/di luar kelas
dan kegiatan ekstrakurikuler
} Jurnal reflektif
} Foto-foto proses pembelajaran di kelas/di luar kelas
dan kegiatan ekstrakurikuler
Tidak ada komentar:
Posting Komentar